Bye Bye Stretch Marks

Kehamilan pasti akan membawa kebahagiaan untuk setiap wanita. Namun di balik kebahagiaan menanti kehadiran si jabang bayi, sering tersimpan sedikit kekhawatiran tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada fisik seorang wanita hamil. Seperti guratan putih yang muncul di bagian payudara, perut, lengan dan bokong, yang biasa disebut stretch marks.
Stretch marks adalah guratan putih yang muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya akibat peregangan yang maksimal. Ketika Anda hamil, kulit perut meregang sangat besar dalam waktu cepat. Selain itu, hormon glucocorticoids juga memengaruhi dermis (lapisan tengah kulit) dalam memproduksi kolagen dan serat elastis. Akhirnya, serat-serat itu kehilangan elastisitasnya bahkan pecah sehingga membuat kulit lebih tipis.

Ada bebarapa faktor yang mempengaruhi munculnya stretch marks yaitu faktor keturunan, hormon, nutrisi, dan hidrasi yang terjadi saat Anda mengandung. Stretch marks sebenarnya dapat dihilangkan dengan beberapa cara, yaitu:

1. Menggunakan pelembab yang banyak tersedia di toko kecantikan. Oleskan pelembab dua kali sehari pada tubuh, khususnya pada bagian yang mengalami peregangan di saat hamil, seperti perut, payudara, bokong, dan pinggul. Pelembab berfungsi menjaga elastisitas dan kekencangan kulit sehingga serat kolagen dan protein di lapisan bawah kulit tidak akan rusak meskipun kulit mengalami peregangan kuat.

2. Kebanyakan wanita hamil, memakan semua makanan demi menjaga kesehatan si jabang bayi. Namun hal tersebut akan menyebabkan lemak diperut berlebihan. Terapkan pola makan seimbang dengan memakan makanan bergizi secara teratur namun tak berlebihan.

3. Olah raga teratur. Saat hamil lakukan olahraga ringan secara teratur, seperti jalan kaki atau berenang. Olah raga seperti itu akan memperkuat otot perut dan melancarkan peredaran darah di perut. Keadaan itu membuat serat kolagen dan protein di lapisan bawah kulit tidak mudah rusak sekalipun ada regangan yang kuat. Meski demikian jangan terlalu memaksa. Bila sudah terasa letih segera hentikan, segera istirahat sambil makan ringan dan minum.

4. Penghilangan stretch marks juga dapat menggunakan laser. Namun ini tak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui, karena dapat membayahakan bayi dalam kandungan.

5. Ada teknologi terbaru untuk menghilangkan stretch marks dengan terapi kimia yang dinamakan retinoid khususnya retinaldehid, tretinoin, atau isotretinoin. Dibawah pengawasan dokter mereka dapat melakukan terapi ini dengan cara mudah yaitu mengoleskan pada daerah yang memiliki stretch marks.

0 komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

Mau seperti ini?
Click aja disini---> Eko Kurniawan

Wedding Day

My Twitter

YM Status

Prakiraan Cuaca

SMS Gratis

IP
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

this widget by www.AllBlogTools.com